Integration of Islamic Teachings in Character Education to Strengthen Morality and Ethics in Schools
Abstract
Keywords
References
Aam Amaliyah & Azwar Rahmat. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. 2014, 08(01).
Aisy, S. R., Surahman, C., & Sumarna, E. (2024). Menggali Makna Tarbiyah dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, dan Sosial Umat Islam. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24750
Alavi, H. (2008). Nearness to God: A Perspective on Islamic Education. Religious Education, 103, 21–25. https://doi.org/10.1080/00344080701807361
Al-Qur’an Kemenag. (n.d.). Retrieved 30 December 2024, from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/68?from=1&to=52
Amini, A., Kesumawaty, S., & Aktar, S. (2021). Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2174
Ansori, A., Noviyanti, S. F., & Salas, M. kamil. (2024). STRUKTUR DAN SISTEM ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM YANG DINAMIS. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i1.46
Arofah, E. F. (2021). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN. Jurnal Tawadhu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.236
Aziz, H. A., Shajaratuddar, S., & Handrianto, B. (2023). Pendidikan karakter dalam Islam: Solusi untuk dekadensi moral generasi muda. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), Article 1.
Azmi, M. U. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Religius di Madrasah | Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamahsuni/article/view/3113
Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). TRANSINTERNALISASI NILAI-NILAI KEPESANTRENAN MELALUI KONSTRUKSI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), Article 1.
Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition’. Cambridge Journal of Education, 49, 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASARDI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Al-Rabwah, 17(01), Article 01. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Dewey, J. (1938). Experience and Education. https://doi.org/10.1080/00131728609335764
Eva Fawziah. (2019). Konsepsi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Islam. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(1), 18–38. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.67
Fahruddin, M. (2023). Pola Pendidikan Karakter Religius Melalui Islamic Boarding School di Indonesia. Pustaka Peradaban.
Faozi, A., & Himmawan, D. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini dalam Kitab Al Barzanji. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.93
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim di Era Globalisasi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149–156. https://doi.org/10.56854/sasana.v3i1.382
Fitria Kautsari Azizah & Lu’luil Maknun. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133
Huda, M. N., Duwila, M., & Rohmadi, R. (2023). Menantang Disintegrasi Moral di Era Revolusi Industri 4.0: Peran Revolusioner Pondok Pesantren. Journal of Islamic Education, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22805
Huda, N. (2017). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Article 2.
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Ilma, M., & Alfian, R. N. (2020). KONSEPSI MASYARAKAT MADANI DALAM BINGKAI PENDIDIKAN ISLAM. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2186
Indah Lestari & Nurul Handayani. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH KHUSUSNYA SMA/SMK DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Isnadi, A. R., & Novita, A. (2024). Implikasi Filsafat etika dalam Membangun Tata Krama Generasi Muda melalui Pendidikan Karakter prespektif Ibnu Miskawaih. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.361
Izzah, I. (2018). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT MADANI. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.219
Khulaisie, R. N. (2016). HAKIKAT KEPRIBADIAN MUSLIM, SERI PEMAHAMAN JIWA TERHADAP KONSEP INSAN KAMIL. Reflektika, 11(1), Article 1.
Kurniawati, I., Silvya, W., & Sari, H. P. (2023). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter: Relevansinya Untuk Masyarakat. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/taw.v18i2.4014
Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.194-220
Lisa, M., & Kurnia, H. (2023). Upaya meningkatkan pendidikan indonesia berdasarkan nilai-nilai pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4807
Mas’ud, A., Fuad, A., & Zaini, A. (2019). EVOLUTION AND ORIENTATION OF ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA AND MALAYSIA. JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM. https://doi.org/10.15642/jiis.2019.13.1.21-49
Miramadhani, A., & Nursalim, E. (2024). Model Pendidikan Karakter Berbasis Islam: Solusi Menghadapi Krisis Moral Di Era Global. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(2), Article 2.
Noi, S., & Lukum, A. (2024). INTEGRITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), Article 2.
Nurcahyani, E. M. R., Rambe, P., Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2024). Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Atiyah Al-Abrasyi Dalam Kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Falasifatuha. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), Article 3. https://journalpedia.com/1/index.php/jipp/article/view/1963
Putri, Y., & Nurhuda, A. (2023). FILSAFAT PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM LINTAS ZAMAN. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rifka Rifka & Abdul Quddus. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter: Relevansi Pendidikan Karakter dalam Islam dengan Pendidikan Karakter Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3531
Rohili, I., Najib, K. H., Fitriyah, E. L., & Alfina, A. (2024). Implementasi pendidikan karakter berbasis Pesantren pada siswa-siswi program keagamaan di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Sleman. Bulletin of Educational Management and Innovation, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56587/bemi.v2i1.95
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Zahir Publishing.
Rubini, R. (2019). PENDIDIKAN MORAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104
Setiawan, D., Af, M. A., Aziz, F. M., Fajar, A., & Yurna, Y. (2023). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.275
Sujarwo, A. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Karakter: Strategi Pembangunan Karakter Siswa di Madrasah. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1174
Sun, J., Kaufman, S., & Smillie, L. (2018). Unique Associations Between Big Five Personality Aspects and Multiple Dimensions of Well-Being. Journal of Personality, 86 2, 158–172. https://doi.org/10.1111/jopy.12301
Surat Al-Qalam Ayat 4 Arab, Latin, Terjemah dan Tafsir | Baca di TafsirWeb. (n.d.). Retrieved 29 March 2024, from https://tafsirweb.com/11092-surat-al-qalam-ayat-4.html
Suryadi, S. (2015). PERANAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN. INFORMATIKA, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Tabroni, I., Nurhasanah, A. S., & Maulidina, V. (2021). BUILD STUDENT CHARACTER THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3.58
Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517
Tirtoni, F. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI KARAKTER DASAR GENERASI MUDA: DI ERA SOCIETY 5.0. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a6237
UMAM, C. (2020). PENDIDIKAN AKHLAK, Upaya Pembinaan Akhlak Melalui Program Penguatan Kegiatan Keagamaan. guepedia.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif [Teaching Resources]. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/
Zain, S. H. W., Wilis, E., Syarkani, & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365
DOI: 10.28944/maharot.v8i2.1809
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.